Minggu, 18 Mei 2014

Perawatan Motor pada Musim Hujan

Naaah,,Bro and Sis semua. akhir-akhir ini kan intesitas dan curah hujan tinggi. Dan kita sudah tidak bisa mengelak lagi, yang harus kita ketahui adalah dampak air hujan untuk motor kita.Yaaah,,namanya juga Si Kuda Besi, pastilah kalo terkena air lama-lama juga bermasalah. Mulai dari mengurangi kerenggangan kampas rem, masuknya air ke piranti kendaraan, bodi atau tubuh kendaraan yang bisa menyebabkan kotor hingga timbulnya karat
Naaaah...berikut ada tips buat bro and Sis para bikers agar motor kalian bisa terawat walaupun sering terkena air hujan.
Ingat..!! gak cukup sering-sering dicuci lhoo yaa motornya, tapi juga perlu pengecekan dan perawatan..

1. Rantai
Ratai roda ini adalah hal penting yang paling rentan terkena imbas air hujan. Kendala itu sering muncul dari komponen ini seperti karat dan kedurnya kerekatan rantai. Maka dari itu selalu cek kekencangan rantai dan selalu lumasi dengan grease/oli atau Chain Lube yang banyak di jual dipasaran.

2. Kanvas Rem & Piston Rem
Kanvas Rem itu sendiri terbuat dari bahan asbes, naah bahan tersebut bila terkena air akan menggelembung dan menggeras pada saat kering. Akibatnya rem terasa keras saat diinjak atau bahkan terdengar suara mendecit atau suara keras lainnya. Oleh karena itu setelah motot dicuci atau terkena air hujan jalankan motor pelan-pelan dan sering-seringla untuk menginjak pedal rem agar Kanvas Rem yang terkena air bisa kering.
Bagitu juga dengan Cakram Rem depan yang bersifat terbuka. Padahal saat dipacu kencang ditengah guyuran hujan, kotoran menempel di kanvas rem maupun piston. Oleh karena itu sangat dianjurkan membersihkan kotoran kanvas dan piston setelah terkena air hujan.

3. Ban 
Ketika menerobos genangan air, yang patut kita ketahui adalah kondisi lintasan aspal. Biasanya air hujan bercampur dengan minyak atau oli. Bahkan terkadang genangan air pun bisa mengurangi tekanan ban
Beberapa kotoran seperti bekas deterjen, oli, mintak tanah, bensin yang sebelumnya tumpah dijalan sering terbawa atau berada di genangan air. Unsur-unsur yang ada di zat itu bisa menyebabkan karet ban cepat getas. Maka sebaiknya pada saat mencuci motor gak hanya body dan mesin saja melainkan juga bannya dengan cara menyikat bagian telapak dan dinding ban

4. Kabel Body
Hindari Kabel Body dan Socket dari air karena bisa menyebabkan konslet sehingga bisa merusak kompenan kelistrikan.

5. Menjaga Busi
Busi merupakan komponen penting juga ketika motor kita terkena guyuran air. Oleh karena itu setelah terkena guyuran air ushakan untuk membuka busi dan menjaga kekeringannya.

6. Bersihkan Komponen Motor & Mencuci Motor
Berbagai komponen Motor kebanyakan didominasi unsur besi yang sangat rentan terkominasi karat atau korosi. Terutama saat terkena air dan tidak langsung dibersihkan. Jadi jika motor kita terkena air, maka segeralah untuk mencucinya.





Sumber: http://www.hondabikers.net/webv02/hujan-sering-mengguyur-yuk-perhatikan-motor-kita/

0 comments:

Posting Komentar

Selamat Datang di situs blog kami..
Semoga Posting ini bermanfat untuk anda.
Silahkan masukkan komentar anda demi kebaikan kami...
Terima Kasiih...

Salam VRCI Reyog_Squad