Minggu, 06 April 2014

Gangguan dalam Berkendara

Pernahkah anda mengalami perjalanan dimana tiba-tiba anda sudah sampai di tujuan dan lupa tadi anda berkendara melalui jalan atau rute yang mana? Atau malah anda melakukan pekerjaan lain yang tidak ada kaitanya dengan berkendara?

Mengadopsi dari berbagai referensi inilah empat besar yang mengganggu kita saat berkendara sehingga menimbulkan resiko. Pertama adalah visual distraction, maksudnya gangguan penglihatan, apabila perhatian pengendara dialihkan ke objek atau pandangan yang bukan bagian dari jalur tujuan.

Misalnya, mencari alamat atau nomer rumah tujuan dengan melihat sebelah kiri atau kanan namun kendaraan masih melaju, padahal lebih dari dua detik pandangan tidak ke arah tujuan, resiko kecelakaan akan meningkat. (Ingat two second rule dan cara menghitungnya).

Cognitive distraction, gangguan kognitif atau lebih mudah diterjemahkan dengan kata gangguan pemikiran, yaitu ketika pengendara memikirkan sesuatu yang tidak berkaitan dengan pengendaraan atau tujuan. Sebagaimana telah diterangkan pada paragraf pembuka diatas. Seperti memikirkan pekerjaan selama berkendara.

0 comments:

Posting Komentar

Selamat Datang di situs blog kami..
Semoga Posting ini bermanfat untuk anda.
Silahkan masukkan komentar anda demi kebaikan kami...
Terima Kasiih...

Salam VRCI Reyog_Squad