*Tips*
Rem mendadak dengan menarik tuas rem
sekuat tenaga tanpa disertai rem belakang bisa
beresiko motor mengalami stopie. Bagi yang
tidak berpengalaman hal ini bisa berujung
jatuh! Ketika rem mendadak tarik tuas rem
menggunakan jari tengah dan manis atau
telunjuk dan jari tengah. 1-1/2 detik kemudia
injak rem belakang sedikit saja.
Rem mendadak otomatis memindahkan bobot
dan titik tumpu ke bagian depan motor. Saat
mengerem mendadak tahan dengan lengan
anda agar tetap tegak agar bobot tidak
tertumpu sepenuhnya di bagian depan motor
Jika kecepatan anda terlalu tinggi untuk
mengerem mendadak, usahakan untuk
menghindarinya. Tetapi jika berada pada jalur
dua arah, ambil sisi kiri kecuali anda memiliki
pandangan kedepan cukup jauh untuk
memastikan tidak ada kendaraan dari arah
berlawanan!
*Trick*
Mengerem mendadak bisa beresiko tertabrak
dari belakang. Untuk mengakalinya, saat
mengemudi terutama saat berakselerasi
(kondisi ini meningkatkan peluang anda
melakukan rem mendadak) lihat sejenak kondisi
dibelakang anda. Apakah motor, mobil atau
bus. Kemampuan deselerasi mobil paling baik
dan untuk rem mendadak didepan mobil lebih
kecil resikonya ketibang didepan motor!
Jika anda pada kecepatan relatif cukup tinggi
(diatas 80 km jam) pastikan anda memiliki
pandangan bersih sekitar 100 meter lebih.
Untuk memastikan tindakan apa yang anda
harus lakukan ketika rem mendadak.
Engine brake pada rem mendadak tidak
dianjurkan. Karena justru membuat anda
beresiko mengalami sliding ban belakang
(ngepot) Andalkan saja rem depan kemudian
disertai rem belakang sedikit saja!
KESIMPULANNYA:
1. pandangan tetap fokus ke depan kiri kanan blakang n konsentrasi
2.pengendara harus menarik handle sebelah kiri
(clutch lever kopling)mainkan pedal tarik lepas
3. menekan handel-rem depan dengan sdikit tarik lepas.tarik lepas.jangan ngerem penuh agar ban depan tidak mbleset
4. di saat yang sama pula diikuti dengan prosses
pemindahan turun gigi persenelling hingga
sampai di posisi ke persnelling pertama
4. dan menekan pedal rem belakang n jangan sampae ban trkunci penuh jika trasa ban belakang mbleset lepas sdikit pengereman n kmbali tekan lagi pengereman
ke empat kesimpulan di atas di lakukan secara brsamaan.
moga brmanfaat bagi semua pengendara motor
0 comments:
Posting Komentar
Selamat Datang di situs blog kami..
Semoga Posting ini bermanfat untuk anda.
Silahkan masukkan komentar anda demi kebaikan kami...
Terima Kasiih...
Salam VRCI Reyog_Squad